Kondisi TPU Duri Kepa Terbaru

kuburan duri kepa

TPU Duri Kepa merupakan salah satu TPU yang ada di Jakarta Barat. Tempat pemakaman yang satu ini beralamat di Jalan Palem Raya, kelurahan Duri Kepa, kecamatan Kebok Jeruk Jakarta Barat.

Jika melihat dari segi luasnya, TPU Duri Kepa ini bisa dibilang cukup luas. Memiliki luas area hingga 2,3 hektar, Duri Kepa menjadi TPU terbesar nomor 4 di Jakarta Barat setelah Tegal Alur, Pegadungan, dan juga Joglo.

Untuk yang terbesar tentu saja TPU Tegal Alur karena mencapai 64 hektar, ya walaupun ada selisih 286 hektar di bandingkan dengan makam terluas San diego hills. Namun dibandingkan dengan semua TPU yang ada, Duri Kepa termasuk nomor 4 dari total 11 TPU yang ada di Jakarta Barat.

Seperti TPU pada umumnya, Duri Kepa dikelola oleh dinas pertamanan dan pemakaman. TPU yang dikelola oleh pemerintah daerah ini sayangnya telah dinyatakan penuh beberapa tahun silam.

Ya, dari segi usia memang TPU Duri Kepa bukanlah TPU baru. Dan lahan pemakaman sejumlah 2 hektar tadi telah digunakan sejak dulu kala. Sehingga, lahan makam yang tersedia menjadi habis dan tidak bisa lagi diperluas.

Penuhnya lahan makam di TPU Duri Kepa memang membuat warga sekitar kebingungan. Ketika ada keluarga yang meninggal, tentunya ingin segera memberikan tempat peristirahatan terakhir yang baik. Namun untuk warga keluarahan Duri Kepa, nampaknya keinginan tersebut harus dipupuskan.

Hingga saat ini, tidak ada rencana pelebaran atau perluasan makam Duri Kepa. Artinya, status TPU yang sudah penuh dari beberapa tahun silam ini belum berganti. Meski begitu, ada beberapa pilihan yang bisa diambil warga jika mendapati anggota keluarganya meninggal dunia. Beberapa pilihan tersebut antara lain sebagai berikut:

Dimakamkan di Tegal Alur

Status lahan makam di TPU Tegal Alur masih cukup aman. Masih ada lahan kosong yang bisa menerima jenazah baru atau membuatkan makam baru.

Di Tegal Alur, kini memang menjadi tempat peristirahatan terakhir hampir dari seluruh penjuru Jakarta Barat. Mengingat dari 11 TPU yang ada di Jakarta Barat, hanya TPU inilah yang masih ada lahan makam kosong.

Sistem Tumpang

Dari penjelasan para pengelola, nampaknya banyak warga yang enggan untuk memakamkan anggota keluarga di Tegal Alur.

Jarak tentunya menjadi alasan mereka enggan untuk tidak memakamkan di Duri Kepa yang sudah penuh. Dan seperti biasanya, pengelola membolehkan adanya aktivitas pemakaman dengan cara sistem tumpang asalkan masih ada hubungan keluarga dan diketahui oleh keluarga besar.

Cara ini sebenarnya memang bukan cara yang terbaik. Namun faktanya, banyak warga yang merelakan adanya makam dengan isi lebih dari satu karena memang keterbatasan biaya atau repot untuk membawa ke Tegal Alur.

Menunggu makam kadaluwarsa

Istilah makam kadaluwarsa memang terdengar aneh. Namun itulah kondisi nyata yang ada di TPU Duri Kepa dan hampir seluruh TPU di Jakarta.

Ya, makam yang tidak diperpanjang masa izin sewanya oleh para keluarga maka dianggap sudah merelakan lahan makam tersebut digunakan untuk orang lain.

Jika warga ingin menggunakan sistem tumpang dan tidak ingin menumpangi keluarganya, masih bisa menggunakan makam yang sudah lewat batas izinnya seperti ini. Asalkan memang benar-benar sudah melewati batas pembayaran dan keterlambatan serta memang diizinkan oleh petugas TPU.

Itulah tadi ulasan mengenai kondisi terbaru TPU Duri Kepa. Bagi Anda yang berada di kelurahan Duri Kepa dan membutuhkan lahan makam, sebaiknya merelakan jarak dan biaya untuk memakamkan di TPU Tegal Alur yang memang masih ada lahan kosong.

Leave a Reply