Kerusakan Pada Tubuh Bisa Disebabkan Oleh Zat Dari Sampah Yang Masuk Ke tubuh

Kita yang membaca artikel ini pasti sudah mengetahui bahwa pada sampah memang mengandung zat negatif yang sangat tidak baik bagi lingkungan apalagi untuk tubuh manusia.

Apabila lingkungan yang tercemar oleh sampah akibat dibuang bukan di tempat sampah plastik besar saja bisa mengakibatkan kerusakan seperti tanah menjadi tidak subur, air menjadi kotor, dan udara menjadi tidak enak dihirup, maka apabila zat pada sampah ini sampai masuk ke dalam tubuh jelas pasti akan mengakibatkan beberapa penyekit pada tubuh manusia tersebut.

Nah supaya kita tau apa saja zat berbahaya yang terkandung pada sampah, berikut ini akan kami paparkan secara ringkas dan mudah dipahami .

  1. Klorin

Ini adalah suatu zat yang berbentuk gas yang pastinya berbahaya bagi kesehatan manusia. Biasanya gas ini berasal dari sampah plastik kategori PVC.

Gas ini sangat sensitif dan sangat reaktif terhadap air. Makanya jika terkena cairan di tubuh seperti terkena mata, atau bahkan terhirup dan terkena paru – paru pasti akan menyebabkan iritasi dan juga kerusakan jaringan sel pada tubuh.

  1. Timbal

Buat kamu yang di rumahnya memiliki peralatan eletronik harus juga waspada. Apalagi jika sampah di rumah anda ada anak kecil. Anda harus tau bahwa zat timbal ini sangat mengganggu bahkan memperlambat perkembangan otak.

Selain itu apabila cairan yang sudah terkontaminasi oleh timbal ini sampai masuk ke dalam tanah maka jelas akan mengakibatkan yang namanya pencemaran air tanah. Karena air yang ada di dalam tanah pun akan ikut tercemari.

  1. Dioxin

Nah siapa di sini yang sering kali membakar sampah? Taukah kamu bahwa kegiatan membakar sampah adalah kegiatan yang keliru yang justru malah menimbulkan zat berbahaya baru yaitu Dioxin.

Meski niat awalnya untuk menghilangkan sampah, namun yang terjadi adalah orang akan sesak napas jika menghirup gas ini, lalu yang parahnya bisa melahirkan sel asing di dalam tubuh yaitu kanker, mengganggu sistem kekebalan tubuh, dan juga sistem hormon.

Itu adalah beberapa zat berbahaya yang ada pada sampah. Maka dari itu, sebaiknya kita lebih prihatin lagi terhadap sampah. Jangan pernah menyepelekan soal sampah karena dampaknya sangatlah merugikan.

Leave a Reply