Cara Membuat Keripik Nanas Yang Sederhana Dan Enak

Cara Membuat Keripik Nanas – Jika Anda berbicara tentang nanas, tentu saja Anda akan mengingat sebuah kota di Jawa Barat, Subang. Buah ini memang sangat banyak dibudidayakan di daerah Priangan, terutama di Kota Subang.

Nanas ini ternyata enak dimakan langsung, bisa juga diolah menjadi berbagai jenis kreasi camilan. Nanas di dalamnya mengandung mineral dan vitamin yang baik untuk tubuh, terutama dalam kandungan vitamin A dan vitamin C.

Buah ini dapat divariasikan menjadi beberapa makanan ringan dan olahan unik seperti nanas dodol, pengawet nanas, nanas jenang, selai nanas, minuman jus buah dan juga sebenarnya nanas ini juga dapat diubah menjadi keripik, saya akan membahas cara membuat keripik nanas. Dan dapat Anda nikmati diruangan ber-AC, untuk service rutinnya bisa di service ac jogja.

Keripik nanas yang diolah adalah makanan ringan yang sangat digemari oleh penggemar makanan sehat. Memang panganan ini masih belum marak di pasaran, hanya sedikit yang memproduksinya, mungkin hanya di daerah Subang.

Jika kemarin saya mengulas tentang cara membuat keripik zalacca, sekarang saya akan mengulas tentang cara membuat keripik nanas yang lezat dan kaya vitamin. Tertarik mencoba membuat keripik nanas? Berikut adalah beberapa tips dan langkah-langkah tentang cara membuat keripik nanas yang sederhana dan dapat dilakukan oleh siapa saja di rumah.

Cara Membuat Keripik Nanas

Bahan :

  •     3 nanas matang
  •     Asam askorbat
  •     Gula halus secukupnya

Beberapa tips tentang cara membuat keripik nanas sehingga hasilnya bagus adalah pilihan pertama nanas yang pasti benar. Nanas yang diminum sudah cukup matang, tidak terlalu matang karena daging buahnya akan terlalu lunak.

Nanas yang matang akan menghasilkan rasa yang sah dari buah dalam hasil maksimal dari keripik nanas, tidak perlu menambahkan pemanis, apalagi pemanis buatan.

Inilah Cara Membuat Keripik Nanas;

  1.     Hal pertama yang perlu dilakukan adalah masalah stripping.
  2.     Kupas nanas sampai benar-benar bersih dari kulit.
  3.     Lalu, rendam nanas menggunakan air garam.
  4.     Selanjutnya, iris nanas dengan bentuk dan ukuran tipis sesuai selera. Mau dibentuk menjadi apa hasil keripik nanas nanti, bisa berbentuk seperti buah atau memanjang seperti bila ingin dikonsumsi langsung.
  5.     Iris buah dengan tebal dengan setiap irisan sekitar 5 mm.
  6.     Setelah itu, dinginkan nanas yang sudah diiris sebelumnya dengan menaruhnya di freezer. Ini dilakukan untuk mendapatkan chip yang baik.
  7.     Goreng nanas saat dingin menggunakan alat khusus yang disebut Vacuum Friying. Walaupun alat atau mesin ini yang merupakan alat penggoreng buah khusus dan memang harganya cukup mahal.
  8.     Jika Anda menggunakan penggorengan tradisional atau menggunakan penggorengan biasa, hasilnya akan menjadi hitam dan bahkan akan meleleh seperti agar-agar. Ini karena kandungan glukosa dalam nanas sangat tinggi.
  9.     Selain itu, menggoreng pun tidak boleh sembarangan atau dengan suhu yang terlalu tinggi.
  10.     Kelemahan penggorengan biasa adalah tidak bisa mengatur suhu sehingga suhu rata-rata cenderung tinggi bahkan hingga 100 derajat Celcius atau bisa lebih.
  11.     Meski suhunya cenderung selalu tinggi, tetapi tidak akan cukup untuk menghilangkan kadar air dari buah sehingga jika proses penggorengan berlanjut, maka hasil keripik nanas akan hangus.
  12.     Jika Anda menggunakan alat Vacuum Friying, Anda dapat mengatur suhu agar selalu stabil selama proses penggorengan. Suhu tidak lebih dari 85 derajat Celcius saat memanaskan irisan nanas sehingga keripik nanas tidak terbakar.
  13.     Hapus setelah itu terasa cukup kehilangan kadar airnya dan benar-benar kering.
  14.     Keripik Nanas siap disajikan.

Sekarang ada mesin vacuum frying yang merupakan mesin penggorengan yang memudahkan Anda saat menggoreng keripik. Anda dapat mencobanya di rumah dengan tangan Anda sendiri di dapur favorit Anda. Semoga sukses dan sukses!

Leave a Reply